Cara Mudah Mendeteksi Kanker Payudara

Posted by

Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui  bahwa untuk mendeteksi penyakitnya sejak dini. Bahkan untuk kasus besar sekelas mendeteksi kanker payudara sejak dini pun, banyak sekali orang khususnya wanita yang enggan melakukan pengecekan terhadap payudara mereka sendiri. Alasan umumnya adalah mereka takut saat membayangkan diri mereka ternyata mengidap kanker payudara.

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang paling umum ditemukan di dunia. Sebanyak 70% pasien kanker payudara terlambat menyadari bahwa diri mereka ternyata sudah positif mengidap kanker payudara. Padahal jika Anda bisa mendeteksi sejak dini kanker payudara, risiko pengangkatan jaringan kanker dan kemoterapi akan berkurang.

Untuk mendeteksi kanker payudara, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan sendiri. Diantaranya:
  • Coba angkat kedua tangan ke atas selama 20 detik. Kemudian turunkan. Setelah itu rasakan sekitar lengan dan pangkal ketiak. Jika ada rasa seperti kesemutan, kemungkinan itu gejala kanker payudara.
  • Coba Anda tekan puting susu anda ke dalam menggunakan jempol dan lakukan selama 20 detik. Jika ada rasa hangat di sekitar putting, maka kemungkinan itu indikasi adanya kanker payudara.
  • Lakukan hal ini di depan cermin. Coba Anda angkat kedua tangan Anda ke atas, dorong siku ke depan dan kebelakang. Posisikan kedua tangan pada pinggang, condongkan bahu ke depan. Cermati bentuk dan ukuran payudara Anda. Cara lain Anda bisa raba payudara dengan ujung jari tangan. Cermati bagian ketiak dan cubit bagian putting. Bila ada cairan yang keluar bisa Anda konsultasikan ke dokter.
kanker payudara
Ilustrasi (Udoctor.id)
Jika Anda masih ragu dan ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai deteksi kanker payudara sejak dini, maka disarankan Anda konsulktasikan ke dokter.

Jika Anda sudah pergi konsultasi ke dokter, maka ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk mendeteksi lebih lanjut mengenai kanker payudara:
  • Mammografi: Pemeriksaan ini dilakukan dengan menggunakan Sinar X dosis rendah dan dilakukan oleh dokter radiologi terkait. Mammografi ini berguna untuk membantu dokter memeriksa lebih lanjut payudara Anda yang tidak bisa dilakukan hanya dengan cara meraba secara fisik.
  • USG (Ultrasonografi) Ultrasonografi direkomendasikan untuk wanita yang bermemiliki usia 35 tahun ke bawah. Hal ini dikarenakan jaringan yang ada di dalam payudara mereka masih padat. USG ini juga berguna untuk mengambil cairan di dalam jaringan payudara Anda jika harus dilakukan pengangkatan dengan jalur operasi.
Tidak ada salahnya bagi Anda wanita yang memiliki usia 20-40 tahun memeriksa secara dini kondisi payudara Anda. Jika Anda terindikasi kanker payudara, namun Anda mampu mendeteksinya sejak dini tentu saja kemungkinan untuk sembuh masih berpeluang besar. Usahakan untuk melakukan hal yang terbaik bagi kesehatan Anda sendiri.




Cancer Updated at: 06.19

0 komentar:

Poskan Komentar